Monday, September 15, 2014

Rak Budidaya Semut Rangrang Kunci Sukses Bisnis Kroto

Rak Budidaya Semut Rangrang Kunci Sukses Bisnis Kroto - Rak merupakan wadah budidaya, oleh karena itu, hal ini menjadi sangat penting untuk keberhasilan budidaya kroto itu sendiri. Langkah awal budidaya kroto adalah menyiapkan rak. Rak dalam budidaya semut rangrang digunakan untuk menempatkan sarang buatan berupa toples.

Rak bisa dibuat dengan menggunakan bahan yang mudar yang terdapat di sekitar kita, misalnya bambu atau kayu reng bekas. Kita bisa memanfaatkan kayu atau bambu bekas, karena dalam budidaya kroto ini tidak memberikan beban yang berat terhadap rak.  Untuk menghemat lokasi tempat dan biaya, rak sebaiknya dibuat dengan bersusun atau tingkat.

Rak budidaya kroto dapat dibuat dengan mudah dan sederhana. Kita bisa membuat rak budidaya dengan ukuran, sebagai berikut:
  1. Panjang 2 meter
  2. Lebar 0,5 meter
  3. Tinggi 1,5 meter
  4. Susun 4
  5. Jarak antar susunan 30 cm
Dengan menggunakan rak ukuran 2m x 0,5m x 1,5m dengan 4 susun kita bisa menempatkan 100 sarang toples, bahkan bisa lebih. Kita bisa membuat rak sendiri, walaupun kita bukan tukang. Rak dibuat dengan sederhana, hanya dengan bantuan paku saja, sehingga akan lebih mudah membuatnya dalam waktu singkat. Beri pengaman di tepi rang agar sarang toples tidak mudah jatuh. Pengaman bisa dibuat dengan menggunakan kayu reng yang dipaku sekeliling rak.

Berikut ini 2 hal yang perlu diperhatikan dalam penempatan rak budidaya kroto di rumah kita, yaitu:
  1. Penempatan rak. Jarak rak dari dinding minimal 40 cm agar cicak tidak bisa menjangkau rak. Dalam penempatannya, berikan wadah air/oli bekas pada masing-masing kaki rak untuk memproteksi semut rangrang agar tidak keluar dari rak budidaya.
  2. Jauhkan segala macam benda dari dekat rak, karena dikhawatirkan benda itu akan menyentuh rak yang dapat berakibat fatal. Benda yang bersinggungan langsung dengan rak dapat dijadikan jembatan untuk semut rangrang pergi dari rak budidaya.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar