Wednesday, October 29, 2014

10 Cara Pemberian Kroto sebagai Pakan Burung Ocehan yang Harus Kita ketahui

10 Cara Pemberian Kroto sebagai Pakan Burung Ocehan yang Harus Kita ketahui - Kroto adalah pakan burung ocehan yang sangat baik dan berkualitas karena mengandung protein yang sangat tinggi, hingga 48%. Tingginya protein kroto terbukti mampu menjaga dan meningkatkan vitalitas burung sehingga dapat menghasilkan bunyi yang merdu, nyaring, kuat, dan utamanya konsisten.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemberian kroto sebagai pakan burung ocehan, yaitu:
  1. Kita harus mengetahui kebiasaan burung sejak kecil, apakah sudah terbiasa diberi makan kroto apa tidak?
  2. Jika sejak kecil burung telah terbiasa makan kroto, maka tidak ada masalah, namun jika tidak terbiasa, maka burung bisa kaget dan mogok makan, bahkan buruknya lagi bisa berhenti ngoceh.
  3. Porsi kroto sebagai pakan burung harus pas, jangan berlebih atau kurang dan harus rutin terjadwal.
  4. Pemberian pakan kroto dilakukan 2 kali dalam seminggu, yaitu pada pagi hari pukul 07.30 dan sore hari pukul 15.30.
  5. Pemberian kroto sebaiknya setelah burung diangin-anginkan dan setelah sangkar dibersihkan dari kotoran.
  6. Jika burung akan mengikuti kontes, maka frekwensi pemberian kroto bisa ditingkatkan menjadi 4 kali dalam seminggu.
  7. Para kicau mania memiliki kiat sendiri-sendiri dalam pemberian kroto pada burungnya, bahkan ada yang memberikan kroto setiap hari, itu bergantung pada kebiasaan burung itu sendiri dalam makan kroto.
  8. Pemberian kroto hendaknya dilakukan dengan hati-hati, yaitu usahakan semut rangrang tidak terbawa atau termakan burung, karena semut rangrang memiliki zat feromon yang baunya sangat menyengat dan menimbulkan efek getir dan panas jika termakan burung yang dapat mengganggu pita suara burung.
  9. Jumlah kroto yang diberikan pada burung tergantung kebiasaan sejak kecil. Ada beberapa orang yang hanya memberikan 5 hingga 10 butir saja setiap kali memberikan pakan. Juga ada yang 1 sendok teh.
  10. Pemberian kroto sebagai pakan burung ocehan harus diawasi dengan teliti, karena kroto memiliki protein yang sangat tinggi, dikhawatirkan akan terjadi kelebihan nutrisi pada burung jika porsinya kebanyakan.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar