Wednesday, October 29, 2014

Apakah Suhu Udara Kandang yang Panas Berpengaruh pada Perkembangan Semut Rangrang?

Apakah Suhu Udara Kandang yang Panas Berpengaruh pada Perkembangan Semut Rangrang? - Berikut ini pertanyaan dari Mas Agus Rusli pada G+ tentang suhu udara yang panas dan pengaruhnya terhadap perkembangan semut rangrang di dalam kandang budidaya.

Pertanyaan:
Kang Kroto kalau kandangnya suhunya panas pengaruh gak buat perkembangan semutnya? Terima kasih.

Jawaban saya:
Mas Agus Rusli, setau saya gak apa apa, asal cukup fentilasi udara. Udara dapat keluar masuk dengan bebas agar udara di dalam kandang tidak terlalu lembab dan tidak terlalu panas.

Seperti kita ketahui, habitat asli semut rangrang di alam adalah pada pepohonan yang rimbun, bisa di pekarangan rumah, perkebunan, ataupun di hutan. Semut rangrang biasanya bersarang pada pepohonan yang memiliki daun rimbun.

Bisa disimpulkan bahwa, semut rangrang menyukai suhu udara yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Untuk menyesuaikan kandang budidaya kroto agar mirip habitat aslinya di alam, maka perlu adanya fentilasi udara yang cukup, agar udara dapat keluar masuk dengan bebas, sehingga suplai oksigen ke dalam kandang berjalan normal demi kenyamanan dan perkembangbiakan semut rangrang.

Sirkulasi udara yang kurang baik menyebabkan suhu menjadi ekstrim, bisa terlalu panas atau terlalu dingin. Agar kandang tidak kekurangan oksigen, maka sirkulasi udara harus lancar, karena oksigen merupakan kebutuhan utama makhluk hidup dalam bernafas agar tetap hidup dan sehat.

Demikian jawaban saya atas pertanyaan: Apakah Suhu Udara Kandang yang Panas Berpengaruh pada Perkembangan Semut Rangrang?

Jika ada kekurangan mohon dimaafkan karena saya juga masih belajar dalam budidaya kroto, dan mohon disempurnakan dengan menuliskan komentar di bawah ini untuk kesuksesan bersama.

Demikian semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar