Thursday, October 23, 2014

Inilah 10 Burung Pemakan Kroto

Inilah 10 Burung Pemakan Kroto - Kroto sampai saat ini masih menjadi primadona sebagai pakan burung nomor satu yang berkualitas. Oleh sebab itu harganya menjadi sangat fantastis (Rp. 150.000,- hingga Rp. 200.000,- per kg).

Harga semahal itu sebanding dengan kandungan proteinnya yang sangat tinggi sebagai pakan burung ocehan. Lalu burung apa saja yang suka dengan hidangan lezat dan menyehatkan berupa kroto ini?

Berikut ini Inilah 10 Burung Pemakan Kroto:

1. Murai Batu
 
Inilah 10 Burung Pemakan Kroto
Murai batu dikenal juga sebagai Kucica hutan (Copsychus malabaricus) yang merupakan burung pengicau yang keadaanya terancam akibat perburuan. Termasuk ke dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. Tersebar di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan sebagian pulau Jawa. Beberapa pakar menganggap ras dari Kalimantan Utara Kucica Alis-putih (Copsychus malabaricus stricklandii) sebagai spesies tersendiri. Memiliki tubuh hampir seluruhnya hitam, kecuali bagian bawah badan berwarna merah cerah hingga jingga kusam. Terdapat sedikit semburat biru di bagian kepala. Ekor panjang ditegakkan dalam keadaan terkejut atau berkicau. Badan berukuran 14-17 cm.

2. Anis Merah

Inilah 10 Burung Pemakan Kroto
Anis punggung-merah (Zoothera erythronota) adalah spesies burung dari keluarga Turdidae. Secara tradisional, termasuk Anis Merah ( Z. mendeni ) sebagai subspesies. Burung ini endemik di Sulawesi Indonesia dan pulau-pulau sekitarnya termasuk Buton dan Kabaena. Burung ini berukuran 19 sampai 21 cm. Tubuh bagian atas dari mahkota sampai tunggir merah-kadru; sayap hitam dengan dua garis putih yang lebar; pada muka terdapat noktah putih di depan dan belakang mata; tenggorokan dan dada hitam; perut putih berloreng hitam. Sub-spesies kabaena mirip dengan sub-spesies utama, tetapi bagian mahkota dan punggung hitam.

3. Pleci

Inilah 10 Burung Pemakan Kroto
Burung pleci atau yang biasa juga disebut dengan burung kacamata merupakan jenis burung yang saat ini sangat populer di pelihara dikalangan pencinta burung di tanah air. Selain bentuk fisiknya yang unik karena memiliki garis lingkaran mata yang seperti menggunakan kacamata, burung ini juga disinyalir memiliki suara kicauan yang merdu.

4. Kacer

Inilah 10 Burung Pemakan Kroto
Kacer adalah burung salah satu jens berkicau yang sebelumnya dikelompokkan sebagai anggota keluarga Turdidae (Murai), tetapi kini dianggap sebagai anggota Muscicapidae. Burung ini berwarna hitam dan putih dengan ekor yang panjang. Ekornya terangkat ke atas jika mereka sedang mencari makanan di tanah atau kadang ketika sedang bertengger. Burung ini banyak ditemukan di Asia selatan tropis dari Bangladesh, India, Sri Lanka dan Pakistan, Indonesia, Thailand, Cina selatan, Malaysia, Singapura dan Filipina. Juga kacer telah diperkenalkan ke Australia.Jadi kurang tepat kalau kita mengklaim Kacer adalah burung asli Indonesia, karena saat kami di China jenis kacer malah terbang diantara perumahan penduduk.
5. Pentet

Inilah 10 Burung Pemakan Kroto
Burung Pentet adalah burung predator alami karena burung ini adalah jenis burung yang suka memakan serangga dan binatang kecil lainnya. sehingga keberadaan burung Pentet ini di alam liar adalah untuk menjaga keseimbangan lingkungan sehingga di alam liar keberadaan serangga pemakan tanaman petani dapat dikendalikan secara alami.

6. Cucak Rowo
7. Prenjak
8. Tlendekan
9. Crocokan
10. Beo

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar