Friday, January 9, 2015

Inilah Sarang Terbaik untuk Sukses Budidaya Kroto

BudidayaKrotos.Blogspot.Com - Inilah Sarang Terbaik untuk Sukses Budidaya Kroto - Dalam budidaya kroto cara modern, kita harus menyediakan sarang buatan. Umumnya para pembudidaya kroto menggunakan toples sebagai sarang buatan karena memiliki banyak keuntungan yang salah satunya adalah mudah dalam mengontrolnya.

Selain toples, ternyata paralon juga merupakan sarang buatan yang sangat bagus sebagai media budidaya kroto karena semut rangrang akan merasa nyaman tinggal di dalamnya karena tidak begitu terang. Namun menggunakan paralon sebagai sarang memiliki kekurangan, yaitu kita tidak bisa mengontrol produktivitas semut rangrang dalam menghasilkan kroto.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa toples transparan masih lebih baik dibanding paralaon. Namun tidak semua toples dapat menjadi sarang buatan yang baik bagi semut rangrang. Lalu toples yang bagaiman yang paling tepat sebagai sarang semut rangrang?

Sarang buatan terbaik untuk sukses dalam budidaya kroto adalah wadah yang sempit. Semakin sempit sebuah wadah maka akan semakin bagus sebagai sarang kroto.

Berikut ini 2 wadah pilihan terbaik yang bisa kita gunakan sebagai sarang budidaya kroto:
  1. Toples bekas sosis
  2. Botol bekas air mineral
Kedua benda tersebut transparan, sehingga sangat baik sebagai sarang budidaya kroto dari segi pengontrolannya.

Toples bekas sosis ukurannya tidak terlalu besar, sehingga semut rangrang sangat menyukainya. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa pembudidaya kroto di beberapa wilayah di Indonesia, misalnya di Kota Bogor (alamatnya silahkan cari di internet).
 
Inilah Sarang Terbaik untuk Sukses Budidaya Kroto
 
Gambar di atas menunjukkan bahwa dari beberapa toples yang saya tempatkan di rak, semut rangrang lebih memilih toples sosiz yang kecil sebagai tempatnya bernaung.
 
Untuk cara membuat sarang dari toples bisa kita baca pada Cara Membuat Sarang Budidaya Kroto.

Botol bekas air mineral, baik yang besar (ukuran 1 liter) maupun yang kecil sama baiknya karena tergolong sempit ruangan dalamnya. Hal ini telah dibuktikan oleh peternak kroto di Kabupaten Kebumen yang alamat pastinya saya kurang tahu meskipun saya juga tinggal di Kebumen. Saya memperoleh informasinya dari video di internet tentang panen kroto. Peternak kroto tersebut mengunggah cara panen kroto dengan media botol bekas air mineral.
 
Demikian Sarang Terbaik untuk Sukses Budidaya Kroto, semoga bisa membantu, jangan lupa baca juga Mengapa Semut Rangrang Membuat Sarang pada Daun yang Muda.

Selamat mencoba tips-tips saya berdasarkan pengalaman sendiri dan beberapa pengalaman peternak lain, semoga sukses selalu menyertai kita semua, Amiin.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar