Friday, January 9, 2015

Semut Rangrang Membutuhkan Tempat yang Nyaman untuk Berkembang Biak

BudidayaKrotos.Blogspot.Com - Semut Rangrang Membutuhkan Tempat yang Nyaman untuk Berkembang Biak - Sama seperti makhluk lainnya, semut rangrang juga memerlukan tempat tinggal yang nyaman untuk dapat hidup dan berkembang biak dengan baik.

Kenyamanan hidup semut rangrang merupakan langkah awal keberhasilan budidaya kroto. Setelah merasa nyaman, maka semut rangrang akan dapat menikmati makanannya dengan baik, sehingga berguna untuk kesehatan tubuhnya untuk melakukan segala aktivitasnya dalam memproduksi kroto.

Di alam, sering kita temui sarang semut rangrang yang besar dan kecil. Biasanya sarang yang besar berada di pucuk pohon, namun sarang yang kecil tersebar di cabang dan ranting pohon.

Sarang daun semut rangrang jika kita perhatikan di dalamnya terdiri dari kamar-kamar kecil yang tersusun rapi menggunakan helaian daun yang dirajut menggunakan benang putih yang kuat yang diambil dari pupa.

Semut Rangrang Membutuhkan Tempat yang Nyaman untuk Berkembang Biak

Meski dari luar, sarang terlihat besar, namun ternyata di dalam tersusun dari ruang-ruangan sempit.

Hal ini juga telah dibuktikan oleh beberapa penelitian luar negeri oleh para ahli serangga. Misalnya di Australia ada seseorang yang memelihara semut rangrang menggunakan tabung kaca ukuran kecil, sebesar ibu jari orang dewasa. Meski di dalam ruangan yang sempit, semut rangrang tetap bisa berkembang biak.

Dari percobaan yang dilakukan orang Australia tersebut terbukti bahwa semut rangrang membutuhkan tempat tinggal yang nyaman untuk dapat berkembang biak dengan baik. Tempat yang disukai semut rangrang adalah tempat yang sempit. Semakin sempit sarang, maka akan semakin cepat semut rangrang berkebang biak.

Ada semacam insting yang memicu semangat semut rangrang untuk berkembang biak jika tinggal di tempat yang sempit, yaitu keinginan untuk membuat sarang baru ketika sarang telah terisi penuh oleh anggota koloni. Dengan demikian ada unsur perlombaan untuk berkembang biak dari satu koloni ke koloni lainnya.

Sarang sempit yang kami sarankan adalah menggunakan botol bekas air mineral, baik yang 1 liter maupun yang lebih kecil lagi.

Botol bekas bisa kita letakkan berdiri dengan bantuan penopang ataupun kita letakkan tertidur disusun rapi. Untuk mengetahui selengkapnya tentang sarang yang sempit bisa kita baca pada Inilah Sarang erbaik untuk Sukses Budidaya Kroto.

Selamat mecoba, semoga sukses.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar