Saturday, September 28, 2013

Cara Memperbanyak Sarang Kroto

budidayakrotos.blogspot.com - Cara Memperbanyak Sarang Kroto - Memperbanyak sarang kroto atau sarang toples merupakan hal pokok dan paling utama jika seseorang ingin meraup untung besar dalam budidaya kroto. Hal ini tidak bisa ditawar lagi, karena sarang buatan berupa toples memberikan hasil panen berupa telur semut atau kroto yang sangat terbatas, jadi sekali lagi, memperbanyak sarang kroto adalah mutlak harus dilakukan oleh para peternak semut rangrang.

Ternak semut rangrang penghasil kroto adalah sebuah peluang usaha atau bisnis yang sangat menguntungkan, bagaimana tidak, harga kroto yang semakin hari sulit didapatkan dari alam, menyebabkan harganya yang kian melambung hingga mencapai angka Rp. 150.000,- per kg, bahkan jika hari lebaran tiba, harga kroto bisa mencapai Rp. 200.000,- per kg, itu saja pasokannya sangat langka dan sementara permintaan sangat banyak. Dengan kondisi demikian, budidaya semut rangrang atau budidaya kroto sangat menjanjikan keuntungan yang melimpah hingga jutaan rupiah.

Cara Memperbanyak Sarang Kroto

Banyak orang yang telah melirik dan memulai membudidayakan semut emas ini, namun kendalanya, produksi telurnya atau krotonya sangatlah minim, itu dikarenakan Sedikitnya bibit semut rangrang yang dibudidayakannya, sementara untuk membeli bibit dari peternak lain, harganya sangat mahal mulai dari Rp. 100.000,- per toples ukuran 2 kg hingga Rp. 175.000,-

Bagaimana supaya dapat meningkatkan produksi kroto tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar? Syaratnya mudah, kita harus rajin dan selalu mencari sarang semut rangrang dari alam sebanyak-banyaknya, semakin banyak koloni yang kita pelihara, maka semakin banyak pula produksi kroto yang kita hasilkan, sehingga masa panenpun dapat dipersingkat, serta krotopun melimpah, sehingga uangpun mengalir dengan pasti ke kantong kita.

Sebenarnya keberadaan sarang semut rangrang di alam masih cukup banyak, namun jika dibandingkan dengan tiga tahun yang lalu sangatlah berbeda. Kalau kita rajin mencari di alam, kita pasti akan menemukannya, kita harus mencari di pepohanan yang jauh dari pemukiman warga, biasanya di sana masih banyak sarang semut rangrang, karena jarang dijamah orang.

Intinya, agar produksi kroto yang kita budidayakan, menjadi melimpah, kita harus tetap rajin mencari tambahan koloni dari alam. Hal yang terpenting dalam keberhasilan budidaya kroto harus memenuhi syarat yang bisa anda baca pada: 5 Syarat Sukses Budidaya Kroto.

Demikian dan selamat mencoba semoga sukses.

16 comments:

  1. saya mau tanya bos berapa jumlah maksimal kloni/semut dalam 1 toples besar terimakasih atas infonya

    ReplyDelete
  2. menurut saya klo menempatkan beda koloni dalam satu tempat akan terjadi perang antar semut, jadi antar koloni yg berbeda harus dikasih penghalang agar tidak saling bertemu

    ReplyDelete
  3. sayang gan...jangan dari alam..punah tuh...lebih baik cari cara mengembangbiakan koloni yang ada jadi koloni-koloni baru.

    ReplyDelete
  4. aku beli kroto, eh pas banyak ratunya saya beli semua ratunya kemudian saya masukan ke tempat budidaya kroto saya kok malah di bunuh semua. itu gimana kang?

    ReplyDelete
  5. Mba Benarita Rahayu, Semut rangrang memiliki naluri sangat sayang terhadap keluarganya, sehingga apabila ada semut asing, atau makhluk hidup asing, termasuk ratu semut, jika bukan dari keluarga atau koloninya akan diserang karena dianggap pengganggu. Maka sebaiknya, jika bisa medapatkan ratu semut, maka diletakkan pada rak tersendiri.
    Makasih atas kunjungannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud dari ratu semutnya diletakkan pada rak tersendiri, satu ratu rangrang dimasukana disatu toples khusus atau kumpulan ratu rangrang dijadikan satu dalam toples khusus? Mohon penjelasannya...

      Delete
  6. Enyenx e, makasih sarannya, memang benar, jika kita selalu berburu bibit dari alam, dikhawatirkan, habitat aslinya di alam bisa punah, maka keseimbangan ekosistem alam akan rusak, kita juga manusia yang menanggung akibatnya.

    Maka sebaiknya kita lakukan seperti saran dari Enyenx e.

    Makasih kunjungannya

    ReplyDelete
  7. salam kroto gan
    Gan kalo semisal 1 toples blm ada ratunya tp udh banyak telor kira2 salah satu dri telor yg ada di topes ada yg jadi calon ratu ngga ?
    trus gimana caranya biar ratunya bisa kawin ?
    mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  8. Salam kroto.Gan saya peternak kroto pemula,Saya mau tanya dimana saya bisa beli bibit kroto ya,karna cari dialam sangat susah,saya tingal di kota Bojonegoro tolong yang tahu bisa sms 085732245008.trims

    ReplyDelete
  9. Mas Putra Utama, saya juga masih pemula, jadi mari belajara bersama untuk memperoleh kesuksesan beternak kroto bersama.
    Jika memang kita pemula, maka saran saya adalah:
    kita jangan dulu membeli bibit dari peternak lain.
    Kita bisa mencobanya dulu dengan mengambil bibit dari alam.
    Kita pelajari dengan tekun semua gerak-gerik dan kebiasaan semut rangrang, karena jika kita belum mengenal benar tentang semut rangrang maka, sulit rasanya untuk melakukan budidaya semut rangrang.

    Jika memang kita tidak bisa mendapatkan bibit dari alam karena mungkin habitatnya yang sudah sangat langka, maka kita bisa saja membeli, namun alangkah baiknya kalau coba dulu dengan satu atau dua toples saja.

    Karena selama ini, selama saya mempelajari budidaya semut rangrang, terasa sangat sulit, sedang trik dan tips budidaya kroto yang tepat, artinya yang bisa menghasilkan masih belum banyak yang tahu.

    Untuk menghindari kerugian yang besar dengan membeli bibit banyak, maka kita bisa mencobanya dengan 1 atau 2 toples dulu.

    Bagi para pembaca yang memiliki trik dan tips jitu tentang budidaya semut rangrang bisa kita saling tukar pengalaman.

    Semua yang saya tahu, semua yang saya alami selama mempelajari budidaya kroto ini telah saya tuliskan pada blog ini, dan akan saya tulis setiap ada perkembangan baru dari ujicoba saya, semoga bisa membantu.

    Makasih dah sudi mampir mas Putra.

    ReplyDelete
  10. Eka Pravista:
    Maksud dari ratu semutnya diletakkan pada rak tersendiri, satu ratu rangrang dimasukana disatu toples khusus atau kumpulan ratu rangrang dijadikan satu dalam toples khusus? Mohon penjelasannya...

    Maksud saya adalah jika kita menemukan sarang dari alam yang ada ratunya, maka sebaiknya kita buatkan rak tersendiri jangan dicampurkan dengan semut rangrang yang telah kita pelihara sebelumnya.

    Baik kita menemukan ratu 1 atau lebih, sebaiknya, koloni yang kita ambil dari alam, seluruhnya yang berasal dari sarang dalam satu pohon kita tempatkan pada rak tersndiri.

    Hal ini supaya menghindari perang antar koloni yang berbeda pohon.

    ReplyDelete
  11. Sngat menarik insya allah sukses buat yg puya keinginan membudidayakan semut rangrang dgn mnghsilkan kroto asal sabar dan tekun memeliharanya

    ReplyDelete
  12. Berapa tahun umurnya semut sampai menemui ajalnya?

    ReplyDelete
  13. tnks...infox...sob akan ku coba...

    ReplyDelete
  14. Gan saya pernah ambil lngsung semut rangrang dri alam..1 bln kmudian saya ambil lagi masih pada 1 pohon. Kl saya tempt kn dlm 1 rak bsa perang gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas +Maman Sukarman terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Terima kasih juga komentarnya.

      Menurut saya, sebaiknya dipisah penempatannya, meskipun diambil dari pohon yang sama, semut rangrang yang terdahulu telah beradaptasi dengan sarang buatan yang baru, sehingga kemungkinan sudah tidak dikenali lagi oleh semut rangrang lama sebagai saudaranya.

      Jika terpaksa harus ditempatkan satu rak, sebaiknya diberi pembatas dulu.
      Misal semut lama ada di rak bagian bawah, kemudian semut rangrang yang baru diletakkan di rak atasnya, nah pada kaki antar rak, bisa kita oleskan paslin, supaya mereka tidak langsung bisa menyeberang, baik yang dari bawah ke atas, atau sebaliknya.

      Nanti lama-lama mereka akan bisa menyesuaikan diri.
      Semoga bisa membantu.

      Jika ada pembaca lain yang memiliki pengalaman dan tips yang lebih baik, silahkan corat-coret.

      Saya akan sangat berterima kasih.

      Delete

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar