Wednesday, August 28, 2013

5 Syarat Sukses Budidaya Kroto

budidayakrotos.blogspot.com - 5 Syarat Sukses Budidaya Kroto - Sukses harus dicapai dengan kerja keras dan persyaratan tertentu, demikian juga dengan ternak kroto. Salah satu kunci sukses budidaya kroto adalah dengan ketekunan. Budidaya kroto memerlukan ketekunan dari pelakunya untuk mencapai sukses dan keberhasilan.

Budidaya kroto harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dengan ketekunan serta dengan sarana dan prasarana yang baik juga, seperti misalnya, kandang atau rumah khusus yang jauh dari aktifitas manusia dan hewan lain.

Jika diamati, semut rangrang di alam juga membutuhkan ketenangan untuk berkembang biak, demikian pula ketika semut rangrang diternakkan. Sukses ternak kroto tidak lepas dari beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut ini 5 syarat sukses budidaya kroto:

5 Syarat Sukses Budidaya Kroto

Agar semut rangrang penghasil kroto dapat berkembang biak dan berproduksi secara maksimal, harus memenuhi standar dan persyaratan tertentu, berikut beberapa hal yang harus dipenuhi dalam budidaya kroto, yaitu 5 syarat sukses budidaya kroto:
  1. Kandang, kandang atau tempat budidaya kroto harus terhindar dari segala aktifitas, baik manusia ataupun hewan lainnya. Hal ini untuk menjaga ketenangan semut rangrang dalam berkembangbiak maupun bertelur. Kandang hendaknya ditempatkan di luar rumah, dibuatkan ruangan khusus tersendiri yang terlindung dari segala gangguan.
  2. Pakan, pakan sangat menentukan keberhasilan budidaya kroto, ketersediaan pakan yang disukai rangrang adalah mutlak dilakukan. Kalau memberi makan manusia itu sangatlah mudah, karena manusia dapat berbicara, suka terhadap makanan tersebut atau tidak, sudah kenyang atau belum, sudah lapar lagi atau belum, bagaimana dengan semut rangrang yang tidak bisa berbicara, nah ini sulitnya, Pakan harus selalu tersedia agar semut tidak kelaparan dan intinya agar semut dapat bertahan hidup untuk bertelur. Bsagaimana semut bisa bertelur kalau kelaparan? Itu yang terjadi pada ternak saya, semut rangrang yang saya pelihara sering kelaparan, karena sering saya tinggal untuk urusan lainnya.
  3. Jenis Pakan Semut Rangrang, ada beberapa jenis pakan semut rangrang penghasil kroto yang direkomendasikan oleh para peternak yang telah berhasil, baik yang saya peroleh dari internet, maupun secara langsung dari peternak via telepon, pakan itu di antaranya adalah jangkrik, ulat, belalang, daging ayam, cicak, dan hewan-hewan kecil atau serangga lainnya. Info terbaru dari teman saya yang baru pulang dari Bandung, di Bandung temannya teman saya tersebut telah berhasil budidaya kroto hingga panen dengan mengandalkan pakan berupa tulang, baik tulang sapi, kambing, maupun tulang-tulang hewan lainnya, caranya adalah tulang dipecahkan agar sumsumnya terlihat, sumsum itulah yang dimakan oleh semut rangrang. Info terbaru lainnya berasal dari peternak pemula yang sudah menunjukkan tanda-tanda keberhasilan mengingat semut rangrang yang diternaknya sudah mulai berkembang biak, itu ditandai dari berawal 5 toples, kini telah bertambah menjadi puluhan toples, peternak tersebut mengatakan bahwa pakan ini rahasia, tolong jangan disebarkan. Sebenarnya saya juga merasa tidak enak untuk memberitahukannya, namun demi kebersamaan, maka saya memberanikan diri untuk menyampaikannya, bahawa pakan rahasia tersebut adalah tepung ikan.
  4. Minuman, minuman adalah salah satu persyaratan penting juga yang harus tersedia, minuman dibuat dari gula yang dicairkan, dengan cacatan jangan terlalu cair, harus kental, maka gunakan air sedikit saja, biar gula mencair sedikit demi sedikit dengan sendirinya.
  5. Persyaratan lain dapat anda baca pada Cara Memperbanyak Sarang Kroto.
Demikian pemaparan hasil kesimpulan selama saya mencoba budidaya semut rangrang penghasil kroto, selamat mencoba semoga sukses, saya tunggu komentar dan sharing ilmunya.

11 comments:

  1. Maaf mau tny dl, biasanya panen berapa bln sekali gan trim infonya

    ReplyDelete
  2. Maaf mau tnya dl biasanya panen kroto berapa bulan sekali gan makasih infonya

    ReplyDelete
  3. mo nanya nih kang,sudah beberapa bulan ini saya memelihara semut rangrang,kok semut makin lama makin berkurang...?padahal sudah mulai membuat sarang ditoplesnya,dan saya perhatikan didalam sarang nya banyak yang mati,padahal minum dan makan slalu saya sediakan,,,tolong imformasinya ya kang...makasih.

    ReplyDelete
  4. Mas Febrian
    Saya masih belajar ternak semut rangrang, koloni yang saya miliki masih sedikit, jadi masih saya kembangkan dan belum saya panen, supaya banyak dulu. Sejak bertelur hingga menjadi kroto (larva dan pupa) sekitar 1 bulan.

    Mas Adi Firmansyah.
    budidaya semut rangrang dalam budidaya modern dalam toples, memang banyak kendalanya, salah satunya adalah banyak semut yang mati.
    Kematian semut rangrang salah satu penyebabnya adalah stress karena lingkungan yang baru.
    Butuh waktu lama untuk adaptasi agar semut tidak stress.
    Hal ini juga saya alami mas Adi

    ReplyDelete
  5. cara pemberian pakan menggunakan tepung ikan itu di campur air atau keringan ????

    ReplyDelete
  6. cara memberi pakan menggunakam tepung ikan di campur air atau keringan???

    ReplyDelete
  7. cara memberi pakan menggunakam tepung ikan di campur air atau keringan???

    ReplyDelete
  8. Mas Didik, Pakan semut dengan tepung ikan, saya sendiri belum pernah mencobanya, itu berdasarkan pengalaman teman saya, yang saya tahu, dia memberikan dalam bentuk kering.

    Namun kalau menurut saya sendiri, sebaiknya menggunakan pakan hidup saja, karena di alam semut rangrang memakan heman hidup dan yang mengandung cairan.

    Tapi tidak ada salahnya di coba menggunakan tepung ikan.
    Mengapa saya sendiri belum pernah mencobanya?
    Karena di daerah saya sulit sekali untuk mendapatkannya, saya sudah bertanya ke beberapa toko, mereka tidak menjual tepung ikan.

    Kalao tepung jangkrik saya pernah mencobanya, ternyata semut rangrang saya tidak mau memakan tepung jangkrik.

    Demikian, semoga bisa membantu

    ReplyDelete
  9. Mas, saya pengen belajar ternak semut rangrang, kalo dibandung dmn yah? Mungkin ada info nya.trims

    ReplyDelete
  10. Saya memberi makan semut2 saya dengan potongan2 ceker ayam mentah.saya masukan ke dalam toples langsung.esoknya...semua semut yg di toples tsb mati semua.ceker membusuk n bau.yg cuma di letakan di liar toples...ceker utuh n semut selamat.nyesellll pol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba +ayu karmilah, waduh, saya turut prihatin, jangan menyerah, coba lagi mencari bibit baru.

      Pemberian pakan seharusnya jangan langsung ke dalam toples, karena akan mengganggu semut rangrang.

      Sebaiknya pakan yang kita berikan dalam keadaan hidup agar semut rangrang tertarik, karena insting semut rangrang akan menyerang apa saja yang bergerak.

      Makasih kunjungannya, tetap semangat dan mari belajar bersama

      Delete

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar