Sunday, November 3, 2013

2 Pakan Semut Rangrang Budidaya Kroto

Budidaya kroto adalah salah satu peluang usaha yang menguntungkan dala budidaya peternakan saat ini. Salah satu keuntungannya adalah pakan yang diperlukan sangat murah dan mudah didapatkan. Ada 2 macam Pakan Semut Rangrang dalam Budidaya Kroto, yaitu dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis, yaitu:
  1. Protein
  2. Gula
Pakan Semut RangrangYang Pertama adalah Protein

Makanan semut rangrang dalam budidaya kroto yang utama adalah protein karena semut rangrang lebih suka protein sebagai pakannya dari pada gula. Protein sebagai pakan semut rangrang diperoleh dari ulat, daging, tulang, ikan, ayam, tikus dan serangga seperti jangkrik, capung, belalang, dan masih banyak lagi. Para prajurit semut rangrang mencari makanan kemudian membawanya ke dalam sarang untuk kebutuhan makan seluruh anggota koloni, baik untuk bertahan hidup maupun untuk perkembangbiakan.

2 Pakan Semut Rangrang Budidaya Kroto

Semut rangrang di alam sangat menguntungkan bagi manusia karena semut rangrang dapat memangsa berbagai jenis hama, misalnya ngengat yang aktif pada malam hari maupun yang bersembunyi di bawah daun pada siang hari.

Pakan Semut Rangrang yang Kedua adalah Gula

Seperti halnya semut-semut lainnya, semut rangrang juga memerlukan gula. Biasanya semut rangrang mencari cadangan gula dari embun madu yaitu cairan yang dikeluarkan oleh serangga pengisap cairan tanaman yang lebih dikenal dengan nama nektar. Cairan embun madu digunakan sebagai energi tambahan untuk pembuatan sarang.

Kalau kita perhatikan di alam, sarang baru semut rangrang terbuat dari daun-daun muda di pucuk pohon.
Mengapa demikian?
Jawabannya adalah karena daun-daun muda dihuni oleh serangga penghasil embun madu seperti kutu daun, kutu perisai, dan kutu putih yang sekaligus nantinya dimanfaatkan oleh semut rangrang sebagai sumber makanan di dalam sarang.

Untuk memenuhi kebutuhan zat gula pada budidaya kroto, bisa diberikan dengan cairan gula yang kental dan ditempatkan pada wadah yang kecil, misalnya tutup galon air minum dan wadah kecil lainnya.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa, budidaya kroto sangatlah mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya yang banyak seperti halnya budidaya lele dan ternak lainnya.

Syarat yang mutlak dibutuhkan adalah ketelatenan dan ketekunan.

Demikian 2 Pakan Semut Rangrang Budidaya Kroto, semoga bermanfaat

6 comments:

  1. salam Kenal ya mas, Makin suses selalu...salam blogger Indonesia :)

    ReplyDelete
  2. Salam kenal juga bang Alfa Najwa
    Salam Blogger Indonesia
    Sukses buat kita semua

    ReplyDelete
  3. kroto ini dikampung saya paling dicari oleh para peternak burung dan pemilik burung.
    semoga sukses dgn budidaya krotonya ya mas, hmmm ^_^

    ReplyDelete
  4. info soal bisnis krotonya mantab mas,, salam sukses yaa

    ReplyDelete
  5. Salam kenal mas, ni saya jg mau trjun ke dunia kroto mas. mohon bimbingannya mas.. trimakasih

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar