Thursday, December 12, 2013

Berapa Lubang 1 Toples Sarang Kroto?

Berapa Lubang 1 Toples Sarang Kroto? - Menanggapi pertanyaan dari Mas Isnen seorang Guru Bahasa Inggris di Purbalingga tentang jumlah lubang yang dibutuhkan dalam 1 toples sarang semut rangrang dalam budidaya kroto penghasil pundi-pundi jutaan rupiah.

Pertanyaan Mas Isnen: Nanya gan, ada berapa lubang yang harus dibuat dalam satu toples?

Jawaban Kang Kroto:
Lubang keluar masuk semut rangrang dalam mencari makan dan membawanya untuk koloninya tidak perlu banyak, cukup 2 lobang saja. Meskipun kita membuat lubang banyak, nantinya juga akan ditutup oleh semut rangrang, karena mereka tidak nyaman dengan sarang yang memiliki banyak lubang.

Berapa Lubang 1 Toples Sarang Kroto?

Seperti pada habitat aslinya di alam, jika kita perhatikan, setiap sarang daun semut rangrang di pohon, para semut rangrang hanya membuat lubang kecil di salah satu sudut sarangnya yang digunakan untuk keluar masuk para prajurit dalam mencari makan ataupun dalam mengamankan sarangnya dari serangan para musuhnya.

Berapa Lubang 1 Toples Sarang Kroto?

Jadi, sebaiknya dalam satu toples kita hanya perlu membuat lubang dua buah saja. Satu lubang berada di sisi kanan atas, dari permukaan atas sekitar 1 cm.

Dan satu lubang lagi di sisi sebaliknya lubang pertama yang dibuat di bagian bawah dan jarak dari dasar toples ke lubang sekitar 1 cm.

Lubang sarang toples bisa dibuat bulat dan juga bisa berbentuk kotak, tergantung cara kita membuatnya, bisa dengan besi yang dipanaskan atau dengan pisau. Diameter lubang sekitar 0,5 hingga 1 cm saja, tidak perlu lebar-lebar, yang pentung bisa untuk lalu lalang atau hilir mudik semut ketika keluar masuk sarang.

Baca juga


Demikian, ada berapa lubang yang harus dibuat dalam satu toples sarang semut rangrang dalam budidaya kroto?

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar