Saturday, February 15, 2014

Cara Penempatan Semut Rangrang dari Alam Beda Koloni

Cara Penempatan Semut Rangrang dari Alam Beda Koloni - Budidaya kroto memang masih menjadi peluang yang sangat menggiurkan saat ini. Mengapa saya mengatakan demikian? Karena sering adanya komentar dan atau pertanyaan para pengunjung pada blog saya yang jelek ini budidayakrotos.blogspot.com.

Menanggapi komentar Mas Anonymous, tentang Cara Penempatan Semut Rangrang dari Alam yang berbeda Koloni atau berbeda pohon dan jaraknya jauh.

Bunyi komentarnya, "menurut saya klo menempatkan beda koloni dalam satu tempat akan terjadi perang antar semut, jadi antar koloni yg berbeda harus dikasih penghalang agar tidak saling bertemu"

Benar pendapat Mas Anonymous, bahwa 2 koloni semut rangrang yang berbeda, jika disatukan akan saling membunuh, akan terjadi perang antar koloni, karena insting mereka yang tidak ingin diganggu dan akan mempertahankan wilayah koloninya meski nyawa taruhannya.

Dengan kondisi seperti itu, kitalah para peternak yang dirugikan, karena kematian akibat perang antar koloni tersebut bisa mencapai 50% atau bahkan 70%.

Untuk menghindari hal itu, maka, ketika kita mendapatkan koloni baru dari alam, atau dari membeli, adalah:
  1. Sebaiknya kita tempatkan pada rak yang berbeda, dengan tujuan untuk menghindarkan terjadinya perang antar koloni.
  2. Jika terpaksa harus menempatkan koloni baru tersebut pada rak yang sudah berpenghuni, maka, sebaiknya:
  • Koloni baru tersebut di tempatkan pada rak paling bawah.
  • Koloni lama di tempatkan pada rak di atasnya.
  • Kemudian pada kaki rak antara rak paling bawah dan atasnya kita beri pembatas agar semut rangrang yang baru tidak naik ke rak kedua.
  • Ingat, insting semut rangrang akan berjalan ke atas untuk mencari makan.
  • Pembatas yang digunakan bisa kita buat dengan menggunakan kain yang dilumuri dengan oli bekas, kemudian diikatkan melingkar pada setiap kaki rak antara rak paling bawah dengan rak atasnya.
Dari 2 cara di atas, menurut saya, cara yang lebih baik adalah cara yang pertama, yaitu menempatkan koloni semut rangrang yang baru pada rak yang baru pula, atau rak yang belum ada penghuninya, sehingga kita tidak merasa was-was akan terjadi perang antar koloni.

Demikian tanggapan saya atas komentar tentang Cara Penempatan Semut Rangrang dari Alam Beda Koloni pada budidaya kroto.

Semoga bisa membantu, dan mohon bagi pengunjung yang budiman, sudilah kiranya untuk menambahkan, memberi masukan, komentar, dan pertanyaannya pada kotak komentar di bawah ini, agar informasi tentang budidaya kroto ini bisa semakin lengkap dan bermanfaat bagi para pembaca.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar