Sunday, March 2, 2014

Kapan Calon Ratu Menjadi Ratu Rangrang?

Tanggapan saya atas pertanyaan Mas Arlen Bustana yang mengatakan, "toples saya berisi calon ratu dan semut jantan.kemudian semut hanya ngurusi calon ratu dan semut jantan. Pertanyaan saya mengapa setelah itu semutnya dah 2 bulan gak mau bertelur? Trus kapan calon ratu akan menjadi ratu? Sekian trimakasih.kami tunggu jawabanya (Arlen Bustana dari kota ponorogo).

Ini sebuah pertanyaan yang sulit saya jawab, karena selama ini saya melakukan budidaya kroto tanpa ratu, walaupun saya pernah mendapat ratu langsung dari alam, namun tidak tahu entah ke mana si ratu itu, ternyata raib hilang entah ke mana?

Ratu semut rangrang, layaknya Ratu pada suatu kerajaan manusia adalah pribadi yang paling dihormati dan paling dilindungi dengan segala daya dan upaya oleh para prajuritnya, masyarakatnya, pembantunya, dan oleh pribadi lain di sekelilingnya.

Kapan Calon Ratu Menjadi Ratu Rangrang?

Itu gambaran kehidupan seorang ratu, entah itu manusia atau semut rangrang.

Mengapa para semut hanya mengurusi calon ratu saja. Itu adalah hal yang wajar, kelahiran pribadi yang paling didambakan yaitu calon ratu semut rangrang pasti dinantikan sangat lama oleh para prajurit atau masyarakat semut, maka ketika ada tanda-tanda akan munculnya ratu (calon ratu) maka para prajurit atau masyarakat semut rangrang menyambutnya dengan suka cita, mereka mencurahkan segala daya dan upaya untuk merawat dan melindungi sang pujaan yaitu calon ratu semut rangrang, sehingga mereka melupakan tugas lainnya.

Itu yang terjadi pada koloni Mas Arlen Bustana.

Setahu saya, selama suatu koloni tidak memiliki ratu, maka semut rangranglah yang bertelur untuk berkembang biak. Nah, ketika muncul tanda-tanda akan lahirnya sang ratu semut, maka semut rangrang mempersiapkan segala sesuatunya untuk calon ratu tersebut, sehingga tugas bertelur mereka lupakan, sehingga dalam kurun waktu tertentu produksi telur menurun drastis sampai calon ratu menjadi ratu.

Tentang calon ratu semut selanjutnya, silahkan baca pada:
Calon Ratu Semut Rangrang juga Bisa dari Telur Semut Prajurit

Pertanyaan selanjutnya, Berapa lama calon ratu menjadi ratu semut rangrang?

Calon ratu untuk menjadi ratu semut rangrang membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan ada yang mengatakan bisa memakan waktu selama 6 (enam) bulan. mengapa banyak yang tidak mengetahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi ratu semut rangrang? hal itu dikarenakan, dalam perjalanan hidupnya, calon ratu bisa saja mengalami kendala dan akhirnya mati, sedangkan kita tidak tahu kalau sebenarnya calon ratu tersebut mati, sehingga berapa lamapun kita menunggu, kita tidak akan mengetahuinya.

Seperti yang banyak dibicarakan oleh masyarakat di desa saya, mereka biasanya melihat ratu semut terbang pada awal musim penghujan dan biasanya, ratu tersebut sebelum sampai pada tujuan terbangnya, terjatuh terlebih dahulu, itulah mengapa sebagian masyarakat ada yang mengatakan bahwa munculnya ratu 6 bulan sekali pada saat awal musim penghujan.

Jadi kesimpulannya, dari pada ngurusin calon ratu semut menjadi ratu, lebih baik perbanyak saja koloni baru meski tanpa ratu. Koloni yang saya miliki tetap bisa muncul telur baru meskipun tidak punya ratu. Demikian Kapan Calon Ratu Menjadi Ratu Rangrang? Semoga bisa membantu.

Cara memperbanyak koloni bisa kita baca pada:
Cara Mendapatkan Bibit Kroto Gratis

2 comments:

  1. Assalamualikum mas saya mw bertanya, dari sarang semut rangrang yang saya ambil dari alam hampir 80% menjadi ratu semua, Nah apakah masalah ini pernah Anda alami sebelumnya, dan kira-kira apa solusi untuk masalah ini. terima kasih.

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar