Thursday, June 26, 2014

Calon Ratu Semut Rangrang juga Bisa dari Telur Semut Prajurit

Calon Ratu Semut Rangrang juga Bisa dari Telur Semut Prajurit - Setelah 3 bulan menunggu akhirnya muncul kroto calon ratu semut rangrang. Sebelumnya mengira bahwa telur dari semut prajurit tidak bisa menghasilkan calon ratu, namun ini telah terbukti. Telur terbaru dari koloni hanya sedikit, mungkin kurang dari 30 butir. Itu sangatlah sedikit. Namun sangat mengejutkan, dari telur yang sedikit itu perkembangannya sangat pesat, pertumbuhannya begitu cepat membesar, lama-kelamaan terus berkembang tidak lazin seperti kroto pada umumnya. Ukurannya sangat besar bahkan hingga 5 kali lipat ukuran kroto biasa.

Prediksi bahwa itu adalah telur calon ratu ternyata benar, setelah selang 2 bulan terlihat bentuk yang sebenarnya, yaitu semut rangrang ukuran besar yang awalnya berwarna putih, itulah calon ratu semut. Prilaku yang ditunjukkan oleh semut pekerja juga menunjukkan bahwa itu adalah calon ratu. Mereka semut pekerja merawat calon ratu tersebut dengan sepenuh hati agan kelak bisa tumbuh menjadi calon ratu dewasa yang dapat menghasilkan kroto super yang melimpah untuk meneruskan keturunannya.

Calon Ratu Semut Rangrang juga Bisa dari Telur Semut Prajurit

Namun prilaku merawat calon ratu ini sangat merugikan para peternak semut rangrang, karena selama masa perawatan tersebut, semut rangrang tidak bertelur lagi. Semut rangrang tidak menghasilkan kroto lagi, seluruh hidupnya hanya diabdikan kepada calon ratu tersebut. Mereka hanya bertugas mengumpulkan makanan untuk hidupnya sendiri dan calon ratu tersebut.

Ketika saya melihat pertumbuhan calon ratu yang membutuhkan pakan berkualitas untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik menjadi ratu semut rangrang, maka saya segera mengganti pakan yang tadinya ulat hongkong saya ganti dengan jangkrik yang lebih mudah dicerna.

Untuk mengetahui tentang pakan semut rangrang, bisa kita baca pada:

Sekarang terlihat pada koloni toples saya ada sekitar lebih dari 10 calon ratu semut rangrang. Mudah-mudahan di samping calon ratu, ada juga calon semut pejantan yang siap mengawininya agar bisa memproduksi telur kroto secara maksimal.

Saya akan terus mengamati untuk perkembangan selanjutnya. Semua perkembangan akan saya tulis untuk memberikan informasi yang akurat dan tidak menyesatkan dalam budidaya kroto.

Untuk melihat video calon ratu lilahkan lihat pada:

Demikian Calon Ratu Semut Rangrang juga Bisa dari Telur Semut Prajurit, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar