Thursday, June 26, 2014

Ternyata Ratu Semut Rangrang Muncul Setelah 3 Bulan dari Telur Semut Pekerja

Ternyata Ratu Semut Rangrang Muncul Setelah 3 Bulan dari Telur Semut Pekerja - Akhirnya setelah menunggu beberapa lama, muncul juga ratu semut rangrang mudah yang terus berkembang menjadi ratu dewasa yang siap menghasilkan kroto melimpah. Kroto yang dihasilkan oleh ratu jumlahnya lebih banyak dari pada kroto yang dihasilkan oleh semut pekerja.

Pada postingan sebelumnya telah diulas tentang kemunculan calon ratu semut rangrang setelah menunggu 2 bulan lamanya, selengkapnya bisa dibaca pada:

Ratu muda muncul setelah 3 bulan proses telur semut prajurit dari awal hingga menetas dan keluar dua helai sayapnya. Seperti yang banyak ditulis di internet, bahwa ratu muda tersebut akan dapat bertelur setelah umurnya 6 bulan, hal ini didukung oleh kebiasaan masyarakat yang mengatakan bahwa ketika musim penghujan tiba, di alam akan ada ratu semut rangrang yang beterbangan.

Jadi kemungkinan, bahwa ratu semut rangrang itu membutuhkan waktu satu musim untuk muncul di koloni di alam.

Ternyata Ratu Semut Rangrang Muncul Setelah 3 Bulan dari Telur Semut Pekerja

Namun pada praktek budidaya kroto modern dalam toples, ternyata ratu muncul setelah saya menunggu selama 3 bulan ini. Kemunculan ratu ini bukan hanya satu, namun ada beberapa. Yang tampak pada toples koloni saya kurang lebih ada 10 calon ratu semut rangrang, dan sementara ini ada 2 yang telah menetas dan keluar sayapnya.

Ratu muda itu masih tetap dalam perawatan semut pekerja hingga dewasa dan siap bertelur. Selama masa perawatan itu, yang harus kita lakukan dalam beternak kroto, yaitu menyediakan pakan yang bergizi dan berkualitas. Pakan yang saya berikan adalah jangkrik, yang memiliki kandungan gizi tinggi sebagai pakan burung kicauan.

Selain jangkrik, kita juga bisa memberikan ulat hongkong sebagai pakan, namun kelemahannya, ulat hongkong memiliki kulit yang keras yang kurang disukai semut rangrang, sehingga kita harus menunggu hingga ulat hongkong berganti kulit untuk diberikan kepada semut rangrang.

Untuk mengetahui cara ulat hongkong agar berganti kulit, bisa kita baca pada:

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar