Thursday, May 29, 2014

Jenis Pakan Disukai Semut Rangrang

Jenis Pakan Disukai Semut Rangrang - Pakan adalah syarat mutlak dalam setiap budidaya ternak. Keberhasilan budidaya ternak salah satunya tergantung pada pakan yang kita berikan kepada hewan ternak. Pakan juga harus memenuhi syarat apa yang dibutuhkan oleh hewan ternak tersebut. Demikian juga dengan ternak semut rangrang penghasil kroto. Pakan yang kita berikan harus disukai dan memenuhi segala kebutuhan semut rangrang. Tujuan pemberian pakan yang disukai dan yang dibutuhkan tersebut adalah:
  1. agar semut rangrang dapat bertahan hidup
  2. agar semut rangrang bisa hidup sehat
  3. agar semut rangrang bisa memproduksi telur (kroto) secara maksimal
  4. agar semut rangrang bisa berkembang biak dengan baik
  5. agar semut rangrang bisa mempertahankan diri dan keluarganya dari gangguan
Untuk tujuan di atas, maka kita harus berusaha memberikan pakan yang disukai dan dibutuhkan oleh semut rangrang. Di alam, semut rangrang memakan berbagai macam serangga dan hama tanaman. Pada budidaya secara modern menggunakan sarang buatan baik toples, botol air mineral, maupun bambu, pakan harus kita sediakan yang hampir mirip dengan di alam.

Berikut ini beberapa jenis pakan yang memiliki kandungan seperti pakan aslinya di alam yang bisa kita berikan kepada semut rangrang agar bisa berproduksi secara maksimal.
  1. Pakan harus hidup
  2. Pakan harus banyak mengandung air
  3. Pakan harus banyak mengandung protein
  4. Pakan harus bertekstur lembut
  5. Pakan berupa serangga
Jika syarat di atas telah terpenuhi, maka semut rangrang akan dengan senang hati melahapnya, dan akhirnya mereka dengan suka rela memberikan apa yang kita butuhkan, yaitu telur yang berupa kroto yang segar, besar-besar, dan dalam jumlah yang banyak, sehingga $$$ bisa kita dapatkan dengan banyak pula untuk tambahan penghasilan keluarga.

Selanjutnya silahkan baca juga:
Cara Agar Supaya Semut Rangrang Suka Ulat Hongkong

Demikian Jenis Pakan Disukai Semut Rangrang, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar