Wednesday, May 28, 2014

Madu Berbahaya Untuk Semut Rangrang

Madu Berbahaya Untuk Semut Rangrang - Selain Pakan semut rangrang juga sangat membutuhkan minum untuk bertahan hidup dan berkembang biaknya. Minuman yang baik untuk semut rangrang dalam penangkaran adalah cairan gula yang kental. Mengapa kental? Supaya semut rangrang lebih menyukainya karena manisnya sangat menggigit. Manis ancleng (bahasa Jawa).

Bagaimana dengan madu? Madu Berbahaya Untuk Semut Rangrang. Mengapa demikian? Mungkin kita berpikir, jika memberikan madu sebagai minuman semut rangrang hasilnya akan lebih baik, karena madu merupakan minuman yang menyehatkan. Tunggu dulu, mari kita lihat apa yang terkandung di dalam madu dan apa hubungannya dengan semut rangrang.

Semut rangrang lebih menyukai cairan gula pasir, karena gula pasir terbuat dari sari tetes tebu, daripada madu.

Madu Berbahaya Untuk Semut Rangrang

Dalam proses produksi gula, zat yang terkandung di dalamnya, seperti asam organik, protein, unsur nitrogen, enzim, dan vitamin dalam tebu sebagian menjadi rusak, sedangkan madu atau pemanis alami, hanya mengalami pemanasan yang minimal dalam prosesnya. Madu memiliki zat sebagai antioksidan tertentu yang menguntungkan dan sifat anti bakteri yang tidak ditemukan pada gula.

Namun semua kebaikan madu tersebut bagi semut rangrang sangat tidak menguntungkan. Antioksidan dan anti bakteri yang terkandung di dalam madu bertolak belakang atau berlawanan dengan fungsi zat Feromon yang dihasilkan oleh semut rangrang.

Semut rangrang menggunakan Feromon untuk banyak fungsi. Fungsi lengkapnya dapat kita baca pada:

Salah satu fungsinya adalah untuk mencerna berbagai macam makanan. Jika semut rangrang diberi minuman yang berupa madu, maka akan membahayakan nyawanya, karena antioksidan dan anti bakteri pada madu akan menyerang Feromon, itu sama artinya dengan membunuh semut rangrang.

Kesimpulannya, jangan berikan madu sebagai minuman semut rangrang, labih baik kita minum sendiri saja biar tambah sehat agar bisa merawat budidaya kroto kita supaya berproduksi banyak.

Bagaimana agar produksi kroto bisa banyak? Bisa kita baca pada:

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar