Saturday, September 28, 2013

3 Cara Meningkatkan Produksi Kroto

budidayakrotos.blogspot.com - 3 Cara Meningkatkan Produksi Kroto - Untuk dapat memenuhi target beternak kroto dengan hasil kroto yang melimpah, Anda harus tahu cara meningkatkan produksi krotot pada semut rangrang. Kroto adalah telur semut rangrang yang sekarang ini semakin susah untuk didapatkan. Semula, alam menyediakan telur semut ini sangat melimpah, karena pengambilannya yang sembarangan dari sarangnya, maka sekarang ini kroto makin susah ditemukan di alam.

Telah terbuka peluang baru yang sangat menjanjikan, yaitu dalam bidang pakan ternak (burung kicauan) berupa kroto. Untuk memenuhi kebutuhan kroto sekarang ini dilakukan dengan budidaya semut rangrang dengan media toples di rumah. Budidaya kroto memberikan peluang usaha baru bagi para pebisnis yang jeli melihat peluang pasar yang sangat terbuka lebar, dengan harga yang sangat tinggi, budidaya kroto semut rangrang bisa mendatangkan keuntungan jutaan rupiah perbulan. Tinggal bagaimana cara budidayanya agar semut rangrang tersebut dapat berproduksi secara maksimal seperti pada habitat aslinya. Berikut ini rahasia menigkatkan produksi kroto pada semut rangrang.

Agar semut rangrang penghasil kroto dapat bertelur dengan maksimal, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para pembudidayanya, yaitu:
  1. Kebersihan kandang atau rak.
  2. Makanan yang terjamin ketersediaanya.
  3. Minuman yang selalu tersedia
Dari ketiga hal tersebut, makanan adalah faktor yang paling utama dalam meningkatkan produktifitas semut rangrang penghasil kroto, meskipun sebenarnya, kedua hal lainnya yang tersebut di atas juga sangat penting.

Makanan semut rangrang di alam sangat banyak, contohnya ulat dun pisang, kinjeng atau capung, jangkrik, cicak, dan termasuk sisa atau limbah ikan, yang penting berupa hewani. Ada satu jenis pakan lagi yang tidak kalah penting dalam meningkatkan produksi kroto adalah tulang atau sumsum tulang. Salah satu daerah di Bandung ada seorang pembudidaya kroto yang telah sukses, dengan mengandalakan sumsum tulang apa saja sebagai makanan semut rangrang, dan hasilnya produksi kroto lebih bagus.

Cara memberikann sumsum tulang pada semut rangrang adalah dengan cara meremukkan tulang tersebut agar sumsumnya terlihat, sehingga semut rangrang dapat dengan mudah memakannya. Tulang yang diberikan berupa tulang sapi, ayam, kambing, dan tulang apa saja. Untuk menunjang peningkatan produktifitasnya, cairan gula juga sangat diperlukan.

Untuk mencapai hasil budidaya kroto yang maksimal, Anda juga mungkin bisa baca artikel 5 Syarat Sukses Budidaya Kroto.

Demikian 3 Cara Meningkatkan Produksi Kroto, semoga bermanfaat.

13 comments:

  1. kebumen nya mana gan ????
    saya pengin belajar bisnis kroto ini.... kalo boleh tahu alamatnya sebelah mana yah gan? no telp ada kah tidak,,,
    please inbox ke email saya ifanpuji@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Desa Tambaharjo Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

    ReplyDelete
  3. brp harga bibit nya untuk 1 toples gan

    ReplyDelete
  4. brp harga bibit 1 toplesnya gan

    ReplyDelete
  5. well...aq tertarik dengan bizniz alam ini....bagi informasi terbaru y akang kroto????

    ReplyDelete
  6. kang kroto, bisa minta contact hp? kirim ke dxarang@gmail.com
    sedia bibit kroto juga g?

    makasih

    ReplyDelete
  7. kang kroto, minta contact hp? saya dari klirong, pengin belajar ternak kroto.
    inbox ke dxarang@gmail.com ya?

    thx

    ReplyDelete
  8. kang kroto salam kenal..boleh minta contactnya saya ada rencana ke jawa
    danielqbe@gmail.com...Makasih kang Kroto

    ReplyDelete
  9. numpang tanya kang kroto, saya butuh kroto asli dari alam, kira2 bisa ada yg siap supply nggak ya. harga berapa per kg ? hub saya, imam 082 111 38 5566. trims

    ReplyDelete
  10. untuk daerah jawa timur dimana kang...aq kediri jatim...mhon inponya kang...

    ReplyDelete
  11. teng daerah jawa timur enten mboten kang....kulo saking kediri jatim...mohon inponipun kang...

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar