Monday, September 30, 2013

2 Keuntungan Budidaya Kroto

2 Keuntungan Budidaya Kroto - Budidaya kroto adalah usaha ternak semut rangrang untuk menghasilkan telur yang disebut kroto yang berguna sebagai alternatif pakan burung pendendang atau burung kicauan. Melakukan usaha budidaya kroto memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi karena harganya yang mahal hingga mencapai kisaran Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) per kg-nya.

Budidaya kroto merupakan peluang usaha yang dapat mendatangkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah perbulan. Perkembangan dunia bisnih yang pesat berpengaruh pula pada tujuan utama budidaya semut rangrang penghasil kroto.

2 Keuntungan Budidaya Kroto

Berikut ini 2 Keuntungan Budidaya Kroto yang dapat mendatangkan banyak uang:
  1. Menghasilkan kroto. Pada mulanya budidaya kroto atau semut rangrang bertujuan untuk menghasilkan kroto, mengingat pasokan kroto dari alam semakin terbatas, karena semakin sedikitnya sarang semut rangrang di pohon atau habitat aslinya. Alasan tersebut menuntut kreatifitas para konsumen kroto berpikir keras untuk mencoba membudidayakan kroto.
  2. Menghasilkan Bibit Kroto. Selain menhasilkan telur atau kroto, budidaya semut rangrang juga mendatangkan keuntungan lain, yaitu dapat dijual sebagai bibit, yaitu dengan usaha pembibitan. Mengapa demikian? alasanya, semakin banyaknya peminat budidaya kroto pemula yang kesulitan untuk mendapatkan bibit semut rangrang dari alam, maka dari itu mereka mencari solusinya dengan membeli bibit dari peternak lain yang sudah berhasil.
Kentungan pertama sudah jelas, dengan menjual telur atau kroto kita dapat menghasilkan pendapatan yang banyak, apalagi harga kroto sekarang di pasaran cukup tinggi dan permintaan pasar juga sangat tinggi dan belum terpenuhi.

Keuntungan kedua adalah bahwa harga bibit kroto pertoplesnya sangat mahal, yaitu hingga mencapai Rp. 175.000,- toples ukuran 2 liter. Semakin banyaknya peternak pemula menimbulkan peluang usaha baru pembibitan kroto.

Untuk memaksimalkan hasil budidaya kroto, Anda dapat membaca artikel:
Cara meningkatkan produksi kroto,
kemudian artikel selanjutnya yang dapat dijadikan acuan dalam budidaya kroto adalah:
5 syarat sukses budidaya kroto.
Anda juga mungkin dapat membaca:
Cara memperbanyak sarang kroto

Demikian 2 Keuntungan Budidaya Kroto semoga menginspirasi para pembaca.

2 comments:

  1. Semutku mati semua dalam semalam.saat saya buka ternyata kroto n semut yg saya ambil Dari alam n saya masukan ke toples,mereka lembab n bawah n mati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lembabnya kenapa Mba +AYU KARMILAH?
      Cara saya masukkan kroto alam ke dalam toples sangat mudah, yaitu:
      1. Sarang dari alam saya masukkan ke dalam karung.
      2. Sampai di rumah, Lumuri tangan dengan tepung tapoika (bahasa Jawanya KANJI)
      3. Keluarkan sarang dari karung, tempatkan pada rak budidaya yang sudah ada sarang toplesnya.
      4. Buang semua daun sarang alam agar semut rangrang cepat menempatkan diri ke dalam sarang toples.
      5. Beri makan dan minum.
      6. Selesai (dalam 1 x 24 jam mudah-mudahan semut rangrang dan krotonya sudah bersarang pada toples.

      Delete

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar