Monday, November 3, 2014

Langkah Awal Menangkar Murai Batu Burung Kicauan Pemakan Kroto

Langkah Awal Menangkar Murai Batu Burung Kicauan Pemakan Kroto - Murai batu adalah salah satu burung pemakan kroto. Murai batu adalah burung dari anggota suku turdidae yang memiliki kemampuan kicauan sangat baik dengan suara merdu, bermelodi, dan sangat bervariasi. Kehabatan murai batu tidak saja dari suaranya yang merdu, akan tetapi gaya manggungnya juga sangat aktraktif.

Sekarang ini banyak para hobiis yang berniat menangkarnya, karena harganya yang sangat mahal dan menguntungkan. Berikut ini Langkah Awal Menangkar Murai Batu Burung Kicauan Pemakan Kroto:

Langkah Awal Menangkar Murai Batu Burung Kicauan Pemakan Kroto
Murai Batu Jantan

Langkah Awal Menangkar Murai Batu Burung Kicauan Pemakan Kroto
Murai Batu Betina
  1. Memilih indukan. Langkah awal dan penting dalam menangkar murai batu adalah memilih calon indukan. Pilihlah indukan jantan yang baik, yaitu memiliki ciri-ciri suara keras, tidak cacat fisik mau pun mental, berumur minimal 2 tahun, dan telah jinak, memiliki postur tubuh yang ideal. Pilihlah calon indukan betina yang baik yang akan memberikan keturunan yang baik pula, yaitu yang memiliki suara yang bagus dan keras, tidak cacat fisik mau pun mental, dan berumur minimal 1 tahun.
  2. Pemilihan lokasi. Pilihlah lokasi yang jauh dari kebisingan atau suara gaduh, yaitu jauh dari berbagai macam suara seperti mesin, lalu lalang orang, dan suara gaduh lainnya.
  3. Persiapan kandang. Ukuran kandang dapat disesuaikan dengan lokasi yang kita miliki. Kandang yang sehat memiliki sirkulasi udara yang baik dan terkena sinar matahari, utamanya matahari pagi.
  4. Peralatan menangkar murai batu. Peralatan yang harus dipersiapkan di antaranya adalah tempat pakan, minum, tempat madi, dan sarang buatan. Tempat pakan dan minum harus selalu terisi makanan untuk suplai pakan burung. Tempat pakan bisa kita buat sendiri dengan menggunakan kayu dengan ukuran 10 cm x 10 cm. Tempat minum bisa dibeli di toko pakan burung yang ukuran agak besar. Yang paling utama dalam menangkar murai batu adalah ketersediaan sarang. Sarang tidak hanya 1 sebaiknya 3 sampai 4 sarang, tujuannya agar burung dapat memilih sendiri. Ukuran sarang 20 cm x 20 cm. Terakhir jangan sampai lupa sediakan tempat mandi yang dapat berupa ember atau bak plastik.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar