Thursday, October 3, 2013

3 Hewan Pengganggu Budidaya Kroto

budidayakrotos.blogspot.com - 3 Hewan Pengganggu Budidaya Kroto - Segala bidang budidaya tidak luput dari para pengganggu yang dapat merugikan suatu usaha budidaya, begitu pula pada budidaya kroto rumahan. Sesuai dengan pengalaman kami dalam budidaya kroto ada beberapa hewan pengganggu yang harus diwaspadai.

Untuk mendapatkan hasil budidaya kroto yang maksimal salah satunya adalah terhindar dari hewan pengganggu.

Berikut ini 3 Hewan Pengganggu Budidaya Kroto:
  1. Kucing
  2. Tikus
  3. Laba-laba

Kucing dapt mengganggu budidaya kroto. Banyaknya kucing yang berkeliaran di rumah, bisa berakibat fatal bagi budidaya kroto. Kucing yang sedang mencari makan, tanpa sengaja mereka akan naik ke rak budidaya, dan akibatnya sarang toples bisa terguling atau bahkan berantakan karena ulah sikucing, dan akan semakin parah ketika kucing mulai digigit rangrang yang karena panik akhirnya kucing berontak dan dapat mengakibatkan semua sarang toples berantakan.

3 Hewan Pengganggu Budidaya Kroto

Untuk menghindari sarang toples terguling, kita bisa meletakkan pemberat di atas sarang toples, sehingga toples tidak mudah terguling ketika tersentuh atau terdorong pengganggu. Pemberian pemberat seperti misalnya batu bata, mungkin akan sedikit membuat pandangan di kandang atau sarang kurang bagus, sehingga disarankan, untuk menghindari pengganggu, kita hendaknya membuat kandang atau rak di dalam ruangan khusus yang dapat ditutup dengan rapat, sehingga kucing atau pengganggu tidak dapat masuk.

Tikus. Sama halnya dengan kucing, tikus juga dapat mengganggu budidaya kroto, yaitu dengan ikut memakan persediaan pakan semut rangrang di rak.

Cara mengatasinya adalah jangan memberi pakan semut rangrang secara berlebih, sehingga tersisa yang dapat mengundang tikus untuk ikut makan.

Laba-laba. Lain halnya dengan laba-laba, hewan ini mengganggu dengan membuat jaring laba-laba yang menghubungkan rak dengan benda di sekelilingnya, akibatnya semut rangrang dapat berpindah atau melarikan diri dari rak melalui sarang laba-laba tersebut.

Untuk mengatasinya, periksalah sekeliling rak setiap hari, apakah ada sarang laba-laba? kalau ada segera bersihkan. Laba-laba dapat membuat jaringnya dalam waktu yang singkat, sehingga kita harus rajin memeriksanya.

Cara yang ampuh adalah dengan menjaga kebersihan kandang dan daerah sekitarnya agar laba-laba, tikus, maupun kucing tidak tertarik untuk mendekati rak budidaya kroto.

Selanjutnya baca juga:


Demikian 3 Hewan Pengganggu Budidaya Kroto

Semoga bermanfaat.
 

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar