Monday, February 17, 2014

Dimana Bisa Mendapatkan Ratu Semut?

Dimana Bisa Mendapatkan Ratu Semut? - Budidaya kroto tidak bergantung pada ratu semut, tetapi alangkah baiknya jika memiliki ratu semut. Malam hari ini, saya kedatangan tamu, teman dari Dukuh Kebon, Desa Tepakyang, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, sebut saja namanya Pak Tasman, beliau adalah bendahara kelompok tani ternak Andini Bersole Desa Tepakyang. Dalam obrolan kami, tanpa sengaja menyinggung masalah kroto, karena ternyata Pak Tasman memiliki burung peliharaan dan hampir tiap hari membeli kroto dari pengecer.

Pak Tasman menceritakan bahwa harga kroto sangat mahal, dia biasanya membeli secara eceran, seharga Rp. 2.000,- per satu jumput kroto. Karena mahal, terkadang Pak Tasman mencari kroto sendiri di sekitar rumahnya. Katanya di sekitar rumahnya masih ada sarang semut rangrang.

"Mengapa tidak diambil saja sarangnya pak?" Tanya saya.
"Untuk apa?" Jawab Pak Tasman.
"Diternak"
"Apa bisa?"
"Bisa, asalkan telaten"

Itu sedikit cuplikan obrolan kami. Kemudian saya ceritakan pengalaman saya dalam beternak semut rangrang dan rupanya Pak Tasman tertarik untuk budidaya kroto semut rangrang, iseng-iseng sekaligus untuk pakan burung peliharaannya.

"Mengapa untuk iseng-iseng, budidaya kroto bisa menghasilkan uang sangat besar lho Pak Tasman".
Menurut cerita orang dulu, katanya kroto itu berasal dari ratu semut rangrang, terus di mana bisa mendapatkan ratunya kalau kita mau ternak?

Seperti kalimat pertama postingan ini, Budidaya kroto tidak bergantung pada ratu semut, tetapi alangkah baiknya jika memiliki ratu semut. Yang penting kita mulai saja budidaya kroto, baik ada ratunya maupun tidak ada ratunya.

Terus jika kita ingin mendapatkan ratu semut rangrang bagaimana caranya?

Pengalaman saya dan teman saya seorang pedanga kelapa yang juga pemanjat kelapa, kami pernah mendapatkan ratu semut rangrang dari sarang pada daun pohon kelapa. Mngapa di pohon kelapa? Menurut pendapat saya, sarang yang berada di pohon lain, selain pohon kelapa telah biasa diambil krotonya oleh para pencari kroto, sehingga ratu semut tidak betah, bahkan banyak yang mati atau jatuh.

Maka semut rangrang berusaha menempatkan ratunya di pohon yang susah diambil oleh para pencari kroto, karena daun kelapa itu bentuknya memanjang satu-satu, sehingga sulit diambil krotonya. Untuk mendapatkan ratu semut, saran saya, coba mencari sarang semut rangrang yang berada di pohon kelapa.

Berikut ini video ratu semut rangrang yang saya dapat dari daun pohon kelapa.


Demikian Dimana Bisa Mendapatkan Ratu Semut? Semoga bermanfaat.
Untuk membaca pentingnya ratu semut rangrang dalam ternak kroto, bisa kita baca pada:


1 comment:

  1. Tiap toples yg sudah di isi semut apakah ditempatkan pd tempat terpisah atau meletakkan smua toples berbentuk satu koloni barisan master...?

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar