Thursday, May 29, 2014

Syarat Pakan Semut Rangrang Baik

Syarat pakan semut rangrang yang baik - Tidak semua pakan yang kita berikan pada semut rangrang itu baik. Masing-masing jenis pakan memiliki kelemahan dan kelebihan. Berikut ini syarat pakan yang baik untuk semut rangrang, yaitu yang memiliki kandungan zat seperti pakan aslinya di alam yang bisa kita berikan kepada semut rangrang agar bisa berproduksi secara maksimal.
  1. Pakan harus hidup
  2. Pakan harus banyak mengandung cairan
  3. Pakan harus banyak mengandung protein
  4. Pakan harus bertekstur lembut
  5. Pakan berupa serangga
Pakan yang kita berikan kepada semut rangrang dalam budidaya kroto harus hidup. Coba kita perhatikan, di alam semut rangrang memakan serangga yang masih hidup, maka dalam budidaya kroto kita harus memberikan pakan yang hidup. Pakan yang hidup dapat memberikan rangsangan agar semut rangrang beringas dan bersemangat dalam menyantapnya.

Selain hidup, pakan yang kita berikan kepada semut rangrang harus hewan yang banyak mengandung air, misalnya ulat dan serangga lainnya, seperti jangkrik dan ulat hongkong. Mengapa harus yang banyak mengandung air, karena semut rangrang sebenarnya bukan makan seperti hewan lainnya yang mengunyah, meraka menghisap seperti nyamuk dalam memakan mangsanya, oleh karena itu, pakan harus banyak mengandung cairan.

Protein adalah syarat mutlak yang dibutuhkan semut rangrang untuk tumbuh, berkembang, dan berproduksi, oleh karena itu pakan yang kita berikan harus banyak mengandung protein, seperti misalnya ulat daun, jangkrik, dan ulat hongkong.

Agar disukai, pakan yang kita berikan harus memiliki tekstur kulit yang lembut dan lunak, agar semut rangrang menyukainya. Jika pakan yang kita berikan teksturnya keras, maka semut rangrang akan mengalami kesulitan, karena semut rangrang itu menghisap makanannya bukan mengunyahnya. Contoh jenis pakan yang memiliki tekstur lembut adalah jangkrik, ulat daun, dan ulat hongkong. Untuk ulat hongkong harus dilakukan perlakuan khusus agar kulitnya menjadi lembut dan lunak. Caranya bisa kita baca pada:

Seperti pada habitat aslinya di alam, semut rangrang makan serangga yang berupa hama tanaman, seperti ulat, kupu-kupu, kepik, dan hama tanaman lainnya. Dalam penangkaran atau ternak budidaya kroto, kita juga harus memberikan pakan yang berupa serangga, misalnya jangkrik.



No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar