Tuesday, July 8, 2014

Pakan Semut Rangrang dengan Tepung Ikan Apakah Bisa

Pakan Semut Rangrang dengan Tepung Ikan Apakah Bisa? - Berbagai pakan untuk semut rangrang telah saya coba, da bukan cuma saya, mereka para peternak semut rangrang lainnya juga telah mencobanya, misalnya telur, daging sisa, tulang, cicak, jangkrik, ulat hongkong, dan lain sebagainya, namun untuk pakan yang satu ini, yaitu tepung ikan saya belum pernah mencobanya.

Untuk pakan semut rangrang yang berupa tepung ikan, saya sendiri sampai saat ini belum pernah mencobanya. Tentang pakan tepung ikan saya tulis pada postingan sebelumnya, yaitu pada postingan yang berjudul:


Di sana saya tulis sebagai berikut:

Ada beberapa jenis pakan semut rangrang penghasil kroto yang direkomendasikan oleh para peternak yang telah berhasil, baik yang saya peroleh dari internet, maupun secara langsung dari peternak via telepon, pakan itu di antaranya adalah jangkrik, ulat, belalang, daging ayam, cicak, dan hewan-hewan kecil atau serangga lainnya. Info terbaru dari teman saya yang baru pulang dari Bandung, di Bandung temannya teman saya tersebut telah berhasil budidaya kroto hingga panen dengan mengandalkan pakan berupa tulang, baik tulang sapi, kambing, maupun tulang-tulang hewan lainnya, caranya adalah tulang dipecahkan agar sumsumnya terlihat, sumsum itulah yang dimakan oleh semut rangrang. Info terbaru lainnya berasal dari peternak pemula yang sudah menunjukkan tanda-tanda keberhasilan mengingat semut rangrang yang diternaknya sudah mulai berkembang biak, itu ditandai dari berawal 5 toples, kini telah bertambah menjadi puluhan toples, peternak tersebut mengatakan bahwa pakan ini rahasia, tolong jangan disebarkan. Sebenarnya saya juga merasa tidak enak untuk memberitahukannya, namun demi kebersamaan, maka saya memberanikan diri untuk menyampaikannya, bahawa pakan rahasia tersebut adalah tepung ikan.

Hal itu berdasarkan pengalaman teman saya, yang saya tahu, dia memberikan tepung ikan dalam bentuk kering.

Namun kalau menurut saya sendiri, kita sebaiknya menggunakan pakan hidup saja. Mengapa demikian? Karena jika kita perhatikan di alam, semut rangrang memakan hewan hidup dan cenderung yang mengandung cairan.

Akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan tepung ikan. Mengapa saya sendiri belum pernah mencobanya? Karena di daerah saya sulit sekali untuk mendapatkannya, saya sudah bertanya ke beberapa toko, mereka tidak menjual tepung ikan. Kalao tepung jangkrik saya pernah mencobanya, ternyata semut rangrang saya tidak mau memakan tepung jangkrik.

Demikian, Pakan Semut Rangrang dengan Tepung Ikan Apakah Bisa, semoga bisa membantu.

1 comment:

  1. Masih mencari tepung ikan gan. Dsini juga sulit. Tapi thank inponya. Nti ane coba.

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar