Sunday, December 28, 2014

Memindahkan Semut Rangrang ke Dalam Toples Agar Cepat Beradaptasi

Budidaya Korot - Memindahkan Semut Rangrang ke Dalam Toples Agar Cepat Beradaptasi - Pada tanggal 25 Desember 2014 ada komentar dari Mba' +ayu karmilah , yaitu: Semutku mati semua dalam semalam.saat saya buka ternyata kroto n semut yg saya ambil Dari alam n saya masukan ke toples,mereka lembab n bawah n mati
Pada postingan:

Katanya lembab, lembabnya kenapa? Mba +AYU KARMILAH tidak menjelaskan.

Selama saya mencoba budidaya kroto, semut rangrang dapat beradaptasi dengan cepat ketika saya mesukkan ke dalam sarang toples.

Cara sederhana saya memasukkan atau memindahkan semut rangrang ke dalam sarang toples agar cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya adalah sebagai berikut:

Memindahkan Semut Rangrang ke Dalam Toples Agar Cepat Beradaptasi
  1. Sarang dari alam saya ambil kemudian dimasukkan ke dalam karung.
  2. Ikat karung rapat-rapat dan segera bawa pulang.
  3. Sebelumnya saya sudah menyiapkan rak dan sarang toples baru yang belum ada semut rangrangnya.
  4. Sampai di rumah, lumuri tangan dengan tepung tapoika (bahasa Jawanya KANJI) agar semut rangrang tidak dapat merambat ke tangan ketika kita memindahkan sarang ke rak karena licin oleh tepung kanji.
  5. Keluarkan sarang daun dari karung, tempatkan pada rak budidaya yang sudah ada sarang toplesnya.
  6. Buang semua daun sarang alam agar semut rangrang cepat menempatkan diri ke dalam sarang toples.
  7. Biarkan semut rangrang dan kroto berserakan di rak dan di atas toples, setelah semut rangrang menemukan toples yang dianggap aman, maka segera kroto diangkut ke dalam toples sebagai sarang baru.
  8. Beri makan dan minum.
  9. Selesai (dalam 1 x 24 jam mudah-mudahan semut rangrang dan krotonya sudah bersarang pada toples.
Memindahkan Semut Rangrang ke Dalam Toples Agar Cepat Beradaptasi
SarangSemut rangrang dan kroto biasanya menempel pada salah satu atau dua helai daun dari sarang daun tersebut.

Lakukan pemindahan dengan hati-hati dan lembut agar kroto (larva dan pupa) tidak pecah. Biasanya semut rangrang akan melindungi kroto dengan mati-matian dan menyerang kita, namun itu bisa diatasi dengan tepung kanji.

Lepaskan semut rangrang dan kroto yang menempel pada daun dengan ujung jari kita secara pelan-pelan.

Agar lebih cepat beradaptasi, maka langsung masukkan saja kroto dan semut rangrang langsung ke dalam toples hati-hati.

Setelah sebagian besar semut rangrang dan kroto berada di dalam toples, segera balik toples dan tempatkan di rak budidaya.

Tentu saja semut rangrang dan kroto akan berada di dasar rak, biarkan saja, masih ada beberapa kroto yang menempel di toples, dan itu akan memancing semut rangrang untuk menempatkan kroto lainnya di dalam toples tersebut.

Mohon maaf jika penjelasannya muter-muter dan kurang jelas. Jika masih bingung, silahkan tulis di kotak komentar di bawah.

Demikian Memindahkan Semut Rangrang ke Dalam Toples Agar Cepat Beradaptasi, semoga bermanfaat. Selanjutnya baca juga Cara Memperbanyak Sarang Kroto.

Selamat mencoba, semoga sukses.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar