Friday, May 2, 2014

Sayangnya Budidaya Kroto Belum Tersentuh Pemerintah

Sayangnya Budidaya Kroto Belum Tersentuh Pemerintah - Hubungan antara peternak dengan pemerintah terjalin melalui dinas terkait, yaitu DISTANNAK Dinas Pertanian dan Peternakan. Dinas ini mengurusi tentang segala macam permasalahan bidang pertanian dan peternakan. Dalam bidang peternakan, pemerintah menyediakan fasilitas layanan berupa, ilmu dan teknik tentang budidaya peternakan, pakan ternak, olahan ternak, pasaran ternak, bahkan sampai pemberian bantuan ternak.

Ternak apa saja yang masuk dalam program pemerintah? Pemerintah memberdayakan masyarakat untuk melakukan budidaya ternak tertentu, seperti ternak besar, yaitu sapi dan kerbau termasuk kambing. Demikian juga dengan unggas, seperti bebek, ayam kampung, ayam pedaging, ayam petelur, dan unggas lainnya.

Sayangnya Budidaya Kroto Belum Tersentuh Pemerintah

Namun sayangnya, pemerintah belum menyentuh ternak-ternak kecil yang baru bermunculan atas ide kreatif masyarakat, seperti misalnya budidaya kroto dan jangkrik sebagai pakan burung ocehan.

Padahan jika dibandingkan, keuntungan yang diperoleh peternak dari ternak kecil ini lebih banyak dari pada ternak besar. Berikut ini perbandingan ternak kecil dan ternak besar:
  1. Dari segi masa panen, ternak kecil lebih cepat panen dari pada ternak besar.
  2. Dari segi modal, ternak kecil lebih ringan dari pada ternak besar.
  3. Dari segi tempat, ternak kecil tidak membutuhkan tempat yang luas dari pada ternak besar.
  4. Dari segi waktu perawatan, ternak kecil tidak membutuhkan waktu yang lama dari pada ternak besar.
  5. Dari segi SDM dan teknik budidayanya, ternak kecil lebih sederhana dan simpel dari pada ternak besar.
Dari ke-5 alasan tersebut di atas, semestinya pemerintah juga mulai melirik dan membina ternak-ternak kecil ini. Paling tidak pemerintan mau melakukan riset untuk menemukan teknik budidaya yang tepat dan baik agar hasilnya memuaskan, syukur-syukur juga mau menyediakan tambahan permodalan lewat Bantuan Sosial (BANSOS).

Memang peluang pasar ternak besar lebih luas dari pada ternak kecil seperti budidaya kroto ini yang pasarannya hanya dikalangan pecinta burung ocehan dan para pemancing saja, sedangkan ternak besar seperti sapi, kerbau, dan kambing pasarannya sangat luas, karena hampir semua manusia di muka bumi ini mengkonsumsi dagingnya.

Namun paling tidak, dengan ikut mendukung ternak kecil ini, pemerintah memberikan peluang usaha baru bagi masyarakat, yang saat ini banyak yang kebingungan untuk melakukan usaha apa?

Demikian, semoga pemerintah ke depannya mau melirik usaha budidaya kroto sebagai peluang usaha yang menjanjikan penghasilan lumayan untuk mengurangi angka pengangguran di negara tercinta ini.


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar