Sunday, May 25, 2014

Semut Rangrang Menghilang Hama Semakin Garang

Semut Rangrang Menghilang Hama Semakin Garang - Selamat datang dan selamat membaca artikel di blog budidayakrotos.blogspot.com. Keseimbangan alam lingkungan sekitar kita telah rusak, salah satu ditunjukkan dengan banyaknya tanaman buah yang mengalami kegagalan. Tiada lain penyebabnya adalah hama tanaman buah yang semakin meraja lela. Seperti contohnya pohon mangga di sebelah barat rumah saya. 90% buahnya jatuh sebelum matang. Jatuh karena termakan ulat buah. Buah menjadi berlobang dan busuk sehingga jatuh sebelum matang.

Mengerikan memang. Bagaimana kalau hal ini sampai berlarut-larut? Tragis. Ya memang ada solusinya, yaitu dengan semprotan obat pembasmi hama. Jika alam bisa bicara, mereka sebenarnya menjerit. Bagaimana tidak? Selama ini mereka (alam) telah dijejali dengan obat-obatan kimia yang merusak. Memang, dalam jangka pendek sepertinya mereka terbantu, namun dalam jangka panjang, mereka akan semakin rusak.

Semut Rangrang Menghilang Hama Semakin Garang

Siapa yang akan menaggung kerusakan alam? Tentu saja jawabannya adalah "Kita Manusia"

Tanpa kita sadari, kita telah memberikan racun kepada anak cucu kita dengan memberikan buah (makanan) yang mengandung bahan kimia. Padahal alam ini adalah merupakan titipan anak cucu kita yang harus kita jaga dan harus dikembalikan kepada mereka jika telah datang masanya dalam kondisi yang baik seperti sedia kala.

Budaya hidup instan yang berupa membasmi hama dengan cepat dengan menggunakan obat-obatan kimia adalah perbuatan yang sangat tidak menguntungkan. Lalu bagaimana solusinya?

Back to Nature, kembali ke alam, kita serahkan seluruhnya kepada alam, biarkan alam yang akan menentukan. Hubungannya dengan budidaya semut rangrang itu apa?

Semut Rangrang Menghilang Hama Semakin Garang

Tentu saja sangat erat hubungannya. 3 tahun yang lalu, hampir tidak saya temukan buah mangga jatuh sebelum matang alias busuk. mengapa demikian? Karena pohon mangga di samping rumah saya dihuni oleh ribuan semut rangrang yang tanpa kita sadari telah membantu kita merawat buah mangga sehingga tidak diserang hama ataupun ulat buah.

Sekarang ini nasib pohon mangga samping rumah saya sangat malang. 90% buahnya jatuh busuk karena terserang ulat buah. Setiap hari ada puluhan buah yang terjatuh karena busuk, dari buah yang masih kecil hingga buah yang sudah besar.

Saya Kang Kroto melalui blog budidayakrotos.blogspot.com mengajak para sedulur semua untuk melakukan gerakan kembali ke alam, yaitu untuk melindungi tanaman buah di sekitar kita .

Salah satu gerakan ayang ingin saya lakukan untuk memperoleh solusi semua masalah di atas adalah:
  1. dengan merawat dan memelihara semut rangrang yang berada di pohon, biarkan mereka tetap hidup di pohon.
  2. jika di pohon sudah tidak ada semut rangrang, maka kita harus menempatkan semut rangrang agar mau bersarang di pohon.
  3. jika secara bersama-sama kita lakukan dengan tetangga, maka lama-lama lingkungan kita akan aman dari serangan hama dan penyakit buah.
Lho katanya semut rangrang diternak supaya kita bisa mengambil keuntungan dengan memanen kroto?

Jangan khawatir, dengan memelihara semut rangrang di pohon secara alami, kita juga tetap akan bisa memanen kroto untuk tambahan penghasilan, namun tentunya dengan kearifan kita, yaitu dengan mengambil sebagian saja krotonya, jangan diambil semua agar kelangsungan hidup semut rangrang tetap bisa terpelihara.

Mudah-mudahan tulisan ini bisa menggugah hati sanubari kita untuk mengembalikan kondisi alam kita yang sedang sekarat ini.

Jangan lupa baca juga:
Sejarah dan Asal Usul Semut Rangrang sebagai Serangga Pengendali Hama Tanaman

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda, mari saling berbagi informasi, pengalaman, dan ilmu yang bermanfaat demi kesuksesan kita bersama dalam budidaya kroto. Silahkan berkomentar